Perbedaan Antara RAM dan ROM

0
21
RAM vs ROM, gurukomputer.com, welovebet.com

Perbedaan Antara RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory)

Satu perbedaan terbesar antara RAM dan ROM yaitu, ROM merupakan penyimpan data yang memiliki sifat non-volatile atau bersifat permanen hal ini berarti ROM tidak membutuhkan arus listrik terus menerus untuk menyimpan data. Jadi jika arus listrik dimatikan, maka ROM akan tetap menyimpan data yang tersimpan di dalamnya. Sedangkan RAM adalah penyimpan data yang bersifat volatile atau sementara, yang membutuhkan arus listrik terus-menerus untuk menyimpan data. Jika arus listrik dimatikan, maka data yang tersimpan dalam RAM akan hilang.

Perbedaan lainnya antara ROM dan RAM yaitu:

  • ROM biasanya digunakan untuk booting atau start up komputer, sedangkan RAM digunakan untuk operasi normal pada komputer setelah komputer sudah menyala dan sistem operasi sudah berjalan.
  • Penulisan data ke ROM jauh lebih lambat dibandingkan dengan cepatnya penulisan data pada RAM.
  • RAM memiliki kapasitas penyimpanan beberapa gigabyte data, biasanya dari 1 GB sampai 256 GB. Sedangkan ROM memiliki kapasitas beberapa megabyte data, biasanya 4 MB atau 8 MB.

ROM Komputer

Salah satu contoh ROM pada komputer adalah BIOS dalam komputer itu. Program BIOS disimpan dalam sebuah chip PROM. BIOS berfungsi untuk memulai proses start up atau proses booting komputer. ROM biasanya juga di pakai dalam perangkat sistem game, contohnya seperti cartridge yang digunakan dalam sistem Nintendo pertama, Gameboy, Sega Genesis. Game tersebut tersimpan melalui di dalam ROM cartridge, yang kemudian dibaca oleh konsol game ketika cartridge dimasukkan ke konsol.

ROM, BIOS, gurukomputer.com, welovebet.com
BIOS tersimpan dalam ROM

RAM Komputer

RAM yang terdapat dalam komputer digunakan untuk menyimpan informasi dan juga untuk menjalankan program, hal ini dikarenakan RAM merupakan salah satu jenis memory tercepat yang ada di komputer. Contohnya, broser yang Anda gunakan sekarang untuk melihat halaman website ini yang sudah di simpan ke dalam memory dan berjalan dari memori. Namun, seperti yang sudah dibicarakan sebelumnya, semua data yang tersimpan di dalam RAM akan hilang jika komputer dimatikan atau terhentinya supply arus listrik.

RAM, gurukomputer.com, welovebet.com
RAM Komputer

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here